What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Saturday, November 22, 2008

Mengukur Lebar Sungai

Sepertinya saya harus berbangga hati bisa mengikuti salah satu ekstrakurikuler Pramuka sewaktu SMA (hingga dilantik menjadi penegak Bantara).. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa Pramuka itu jadul dan membosankan, bagi saya, Pramuka itu menarik. Bisa camping, berkenalan dengan banyak Pramuka di sekolah-sekolah lain, dan mengikuti kegiatan yang seru lainnya (hiking, rapling, rafting, etc).. Tapi, tidak lupa juga, Pramuka itu mengajarkan kita banyak hal (ilmu), seperti sandi morse, mapping, etc. Hal yang aku ingin disampaikan di sini adalah ilmu tentang "Mengukur Lebar Sungai"..

Kita ingin mengetahui lebar sungai agar dapat menyeberang ke sisi sungai yang lain. Masalahnya, kita tidak punya satu pun alat bantu, baik penggaris dan sebagainya. Dan lagi, bagaimana agar kita dapat mengukur lebar sungai itu sendirian tanpa bantuan orang lain? Bagaimana agar kita bisa mengukurnya dengan akurat? (Hint: di sekitar sungai terdapat banyak pohon. Anggap bahwa sungai itu lurus dan tidak berkelok-kelok)

========================================================================
Ternyata, sangat mudah!!
Ingat bahwa di sekitar sungai ada banyak pohon.. Ambil fakta ini dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan prinsip Pramuka!!
Pertama-tama, tentukan 2 buah pohon di tepi sungai sebagai patokan. Dua pohon ini sesungguhnya bisa digantikan dengan apa saja. Jika tidak ada pohon, kita bisa mengggunakan batu, bahkan rumput..!! Lihat gambar di bawah..

L adalah lebar sungai yang dicari..
Langsung saja kita masuk pada penyelesaian.

Pertama, kita berdiri di titik A.. Lalu kita berjalan ke P2 (pohon 2).. Catat langkah yang kita perlukan agar sampai ke sini (x).. Lalu kita teruskan berjalan menyusuri sungai sebanyak berapapun langkah yang kita inginkan (y). Setelah itu, berjalanlah tegak lurus menjauhi sungai. Jika P1 (pohon 1) sudah tertutup dengan P2 (pohon 2) (dengan kata lain, kita sudah segaris dengan P1 dan P2), berhentilah berjalan. Catat langkah yang kita perlukan untuk ke sini (z).. Lihat gambar di atas untuk dapat melihat dengan lebih jelasnya..

Setelah kita mengetahui x, y, dan z, maka L (lebar sungai) dapat diketahui dengan memakai rumus perbandingan biasa.


Luas di atas masih dalam satuan "langkah". Jika kita ingin mengkonversikannya ke dalam meter, maka seharusnya kita sudah tahu 1 langkah kita itu berapa meter (Hal ini harus diketahui oleh seorang pramuka..). Kalau saya sih, 1 langkah = 0,7 meter. :P
========================================================================
Wah, Matematika ternyata bisa digunakan dalam Pramuka.!! Keren khan?? ^^

4 comments:

  1. maav,, dalam hal ini asumsi anda masih kurang,

    dalam matematika asumsi itu penting untuk membatasi pa yang kita cari,

    mungkin aj ohon k2 lebih besar dari pada pohon1, or human eror

    ReplyDelete
  2. wah
    bagus bgt topiknya
    terimakasih atas informasinya
    hehe
    gak terpikirkan tuh dulu2
    soalnya saya paling malas kalau disuruh ikut pramuka
    hehe

    ReplyDelete
  3. @ahmath: iya.. HUman error juga menjadi salah satu kendala... Namun, untuk mengurangi error ini, maka kita harus mengakalinya pada langkah y.. Semakin banyak langkah y, maka errornya semakin kecil.. ^^

    ReplyDelete