What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Monday, November 24, 2008

Apa yang Salah Lagiii???

Menindaklanjuti posting sebelumnya mengenai "Apa yang Salah Lagii??", kali ini akan kuberi tantangan baru yang masih berhubungan dengan bilangan imajiner.. Lalala...

Ada bilangan a. Dapat ditulis bahwa:


Lalu, kurangi kedua ruas dengan b.

Akarkan kedua ruas.

Selanjutnya, keluarkan (-1) dari (a-b) di ruas kanan


Lalu, keluarkan lagi (-1) dari (b-a) di ruas kanan.



Kita tahu bahwa , maka:

Sekali lagi, muncul persamaan yang tidak diinginkan... =.="

Bagian mana yang salah?? Ayo jawab di comment... Gak susah koq.. ^^

=========================================================================
Jawabannya mudah.
bilangan imajiner dari dapat dikeluarkan dengan ketentuan berikut.
1) jika x adalah bilangan negatif.
2) jika x adalah bilangan positif.

Jadi, kenapa bagian di atas salah? Itu karena pasti salah satu dari a-b ataupun b-a adalah bilangan negatif. Tapi, prosesnya menganggap keduanya bilangan negatif. ^^

5 comments:

  1. ihihihiih...

    menarik pak (gw ga tau mau manggil apa lagi soalnya :p)

    itu yg di atas, ga ada yg salah. tapinya... kurang lengkap aja :D
    akar2 dari X^2 itukan plus-minus X. jadi itu karna masi dalam bentuk akar aja.

    nah, kuadratin lagi, baru deh sama :D
    (btw, bener ga yah?? :p)

    boleh juga nih tuk nipu temen.

    Qson

    ReplyDelete
  2. yang plus minus itu terjadi apa bila, terjadi pemindahan dari bilangan kuadrat ke ruas sebelahnya..

    Misalnya:
    x^2 = 4
    x = ± √4
    x = ± 2..

    Jadi, √(x^2) itu bukan ±x, tapi, hasilnya pasti x. ^^

    ReplyDelete
  3. dalam matematika ada kalanya peraturan peraturan yang gak boleh dilakukan, seperti dengan tidak boleh membagi dengan 0

    dalam hal ini, seharusnya gak boleh mengalikan dengan i ato dengan kata laion gak boleh mengalikan dengan i

    ReplyDelete
  4. wah..menarik nih pertanyaannya
    tapi kenapa ya bisa gitu???
    aneh juga..hummm
    kalo menurut saya itu sih mau dibilang salah tidak juga,soal nya kalau i^2 kan bisa sama dgn 1 juga,soal nya

    i=(-1)^0.5

    jadi kalau

    i^2 = [(-1)x(-1)]^0.5
    =1^0.5
    =1
    (saya bkn dari pndidikan matematika,jadi maaf kalo ngawur,hehe:D
    btw minta jawaban bener nya donk

    ReplyDelete
  5. yang salah di bagian dlam akar itu tidak boleh negatif (-). jadi harus selalu >=0.

    ReplyDelete