What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Monday, November 17, 2008

Makanan Otak... (i)

Masa-masa ujian tengah semester memang bisa disebut menyebalkan. Kepala jadi pusink.. Materi-materi hampir semuanya dikebut dalam beberapa hari.. Implikasinya, blog ini jadi terlihat terlantarkan dengan sedikit post tiap bulannya.. Padahal, banyak materi yang ingin aku post (tapi karena materi itu sangat banyak, jadi harus memakan waktu banyak..). Ya suuudah, aku cuti "materi matematika" dulu. Aku akan memulai memberikan soal mingguan untuk dikerjakan.. Judulnya adalah "Makanan Otak".. Ada 3 soal di bawah, bisakah kamu menjawabnya dalam waktu 5 menit?

=======================================================================

1.
Jari-jari lingkaran dengan pusat A, B, dan C berturut-turut adalah 3 cm, 4 cm, dan 5 cm. Berapakah jarak titik A ke C?
2.
Diketahui terdapat sebuah lingkaran dengan pusat C yang berada di dalam sebuah lingkaran dengan pusat D. Garis AB sejajar dengan CD. Jika panjang AB adalah 18 cm, berapakah luas daerah yang berwarna abu-abu?
3.
Titik E diletakkan di dalam persegi panjang. Jika, jarak DE adalah 3 cm, jarak CE adalah 4 cm, dan jarak BE adalah 5 cm, berapakah jarak AE?
=======================================================================
Posting ini sudah diupdate dengan jawaban... ^^

=======================================================================
Ternyata sudah ada yang berhasil menjawab dengan tepat.... Y ud.. Ak kasih tw jawabannya dee.. Nanti pada penasaran lagee...

1. Soal nomor satu tidak bisa dikerjakan dengan menjumlah biasa karena titik A, B, dan C tidak segaris. Jadi, pertama, kita proyeksikan garis AB dan BC ke lantai.. (Lihat Gambar)..

Cari DE dan EF
DE = = cm
EF = = cm
Maka, DF = DE + EF = ( + ) cm

Dengan mengetahui DF, kita bisa menentukan AC (dengan phytagoras biasa).
AC = = cm

2. Soal ini sangat mudah.. Lihat gambar di bawah.

Dengan teorema phytagoras, diketahui bahwa
Maka, luasnya = = = cm2

3. Bukan soal yang sulit... ^^.. Lihat gambar di bawah.

Dengan phytagoras, diketahui 3 buah persamaan:
... (i)
... (ii)
... (iii)

Kurangkan persamaan (i) dengan persamaan (ii), maka hasilnya:
... (iv)

Kurangkan persamaan (iv) dengan persamaan (iii), maka hasilnya:

Jadi, AE = cm.
=======================================================================
Piece Of Cake... ^^

6 comments:

  1. no.1 paling mudah dulu deh 21 cm kan
    n02. pas ... gak tau logikanya
    no.3 dicari dulu deh kapan wa masukin lagi gimana?

    ReplyDelete
  2. gubrakkkkkkkkk.......... soal mate....

    no 1 sih gampang aja 3+4+5.....
    no 2..... gk tau >_<
    no 3..... kalo gitu AE 2. biar sama dong..
    AE 2 BE 3 CE 4 DE 5 ^^_^^

    ReplyDelete
  3. Caphe dehhhh.. >_<

    Masih lom ada yang betuLL....

    ReplyDelete
  4. no1. gw pernah ngerjain, tapinya lg males :p
    no2. luasnya = 81pi
    no3. AE = 3V2

    Qson

    ReplyDelete
  5. Bukannya seharusnya jarak titik A ke titik C itu 16 cm ya kak??

    kan jaraknya itu = jari-jari A + diameter B +
    jari-jari C???

    apa maksud kakak jarak dati titik proyeksi A ke titik proyeksi C??

    dijawab ya kak..

    ni email aku.
    dinarda_nadobudskaya@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  6. eww, maap, gag liat penjelasan postingannya! hehehe

    ReplyDelete