What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Thursday, March 26, 2009

Buatlah Temanmu Tercengang

Sudah lama tidak posting di blog... Sekarang, waktunya kita isengin temen dengan kemampuan matematika kita yang "luar biasa".. Huehuehue... XDXDXD.. Gini nieh caranya..

Pertama-tama, ambillah secarik kertas. Lalu, suruh seorang temanmu menuliskan bilangan yang terdiri atas 6 angka. Kalau sudah, suruh kembali temanmu menuliskan bilangan ke-2 yang terdiri atas 6 angka lagi di bawahnya.. Kalau sudah, giliran kamu (atau assistant) kamu untuk menuliskan bilangan ke-3.. Kemudian, kembali giliran temanmu yang menulis bilangan ke-4. Setelah itu, kembali giliranmu untuk menulis bilangan ke-5.. Ingat.. Semuanya harus terdiri atas 6 angka..

Setelah itu, dengan kemampuan matematikamu yang "luar biasa", hitunglah jumlah kelima bilangan itu dengan sangat cepat (kurang dari 10 detik).. Dan kemudian, temanmu akan tercengang...!!!!!!

Kejadian di atas diilustrasikan sbb:

Haha.. Koq bisa ya? Gimana sih tricknya??

=========================================================================
THE TRICK
Sebenarnya, trick ini bisa berlaku dengan urutan yang bervariasi (tidak seperti di atas). Jumlah angka juga tidak harus 6. Dan bilangan yang ditulis juga tidak harus 5....

Tapi, kita gunakan saja ilustrasi seperti di atas. Intinya, kita mengusahakan agar ada pasangan bilangan yang berjumlah 999999. Dalam contoh di atas, usahakan agar bilangan ke-1 dan ke-3 berjumlah 999999 dan bilangan ke-4 dan ke-5 berjumlah 999999 juga. Artinya, jumlah kelima bilangan itu sesungguhnya = bilangan ke-2 + 999999+999999 = bilangan ke-2 + 2000000 -2 = 2264490-2 = 2264488..

Jadi, penjumlahan di atas hanyalah semudah menambahkan angka 2 di depan bilangan ke-2 kemudian mengurangkannya dengan 2.. Very easy...

Kesulitan yang ada adalah ketika bilangan yang diberikan temanmu terdapat angka 9 di depannya sehingga kita tidak bisa tricky dengan mengusahakan jumlahnya 999999 karena jumlah digitnya harus 6... Otomatis, kita terpaksa menulis angka pertama dengan 1, sehingga perhitungan akhir juga harus disesuaikan dengan kondisi ini. ^^

Silakan iseng..!! ^^

2 comments:

  1. weeeeee..........
    dah tau kok.....
    di wikumagic.blogspot....
    namanya extreme prediction.....
    malahan gw bisa lebihh extrem lagi....
    kalo cuma lima baris mah....
    murahan DONXXX.....
    gw bisa 9,11,13,15,17,19,21......ampe ratusan barisss......

    ReplyDelete