What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Friday, January 9, 2009

Membayar Sewa Nginap

Kasusnya terjadi di negeri antah berantah..

Wone, seorang petualang yang datang dari negeri far far away, mengharuskan dia untuk menginap di suatu hotel selama 6 hari. Namun, di sini, pembayaran sewa nginapnya bukan berupa uang (seperti yang kita kenal sekarang), tapi menggunakan emas.

Sewa per hari = 100 gram emas

Maka, si Wone pun dengan bangganya masuk ke lobi hotel, segera menuju meja receptionist untuk sign in.. Dia pasti bisa membayar sewa nginap tersebut, karena dia memiliki emas tepat 600 gram. Lihat gambar...

(Gambaran emas yang dimiliki Wone)

Ini gambaran emasnya jika dilihat dari atas.. Ukurannya 6x1. Terdapat 6 buah kotak, yang masing-masing beratnya 100 gram...

Wone berkata, "Aku ingin menginap selama 6 hari". Dengan menunjukkan emasnya, si Wone berpikir bahwa ia dapat menginap.. Namun, hal yang aneh dikatakan oleh sang receptionist.

Receptionist: "Kamu tidak dapat menginap di sini. Di hotel ini ada peraturan khusus. Tidak boleh bayar sekaligus, tidak boleh berhutang.. Sewa harus dibayar per hari. Jadi, setiap harinya harus membayar 100 gram emas."

Wone berpikir lagi.
Wone: "Kalau begitu, aku akan bayar 100 gram emas. Kuberikan kamu 600 gram, kemudian kamu memberi saya kembalian 500 gram emas. Berarti, saya membayar 100 gram emas, bukan?"

Receptionist: "Wah, sayangnya saya tidak punya kembaliannya..."
__________(dengan wajah murung)

Si Wone masih punya akal.. Dia punya suatu pedang. Pedang ini bisa digunakan untuk menebas emas (Membagi emas).. Namun, pedang itu hanya bisa digunakan untuk 2 kali menebas. Tebasannya juga haruslah lurus (tidak melengkung).

Pertanyaannya: Bagaimana cara Wone bisa membayar sewa nginapnya dengan peraturan hotel yang aneh seperti itu?!?

Thanks to: Sofia, my classmate who has given this riddle.. This riddle is pretty easy.. I can answer it within 5 minutes.. Those who has been experts about this, just give a clue.. Okay.?!? ^^

5 comments:

  1. Nyoba bos :
    • Karena pedang bisa dua kali tebas, maka Emas di belah dalam 2 tahap:
    1) dibelah tepat ditengah, sehingga ada 2 batang emas 300 gr
    2) kedua batang emas 300 gr tadi ditumpuk, kemudian dibelah tepat dibagian 1/3 nya.

    sehingga hasil akhir kita mendapat :
    1) emas 100 gr (kita beri nama emas no.1)
    2) emas 100 gr (kita beri nama emas no.2)
    3) emas 200 gr (kita beri nama emas no.3)
    4) emas 200 gr 9kita berinama emas no.4)

    • Karena yang menghambat adalah masalah kembalian, dari kalimat “Receptionist: Wah, sayangnya saya tidak punya kembaliannya...", maka strateginya kita sediakan saja kembaliannya !.

    yaitu bisa diatasi dengan cara berikut :
    1) Hari pertama bayar pake emas no.1
    2) Hari kedua bayar pake emas no 3, kemudian receptionist bisa memakai emas no.1 (yang telah dibayarkan pada hari ke-1)sebagai kembaliannya.
    3) Hari ke 3 bayar lagi pake emas no.1
    4) Hari ke-empat bayar pake emas no.4, lalu kembaliannya bisa memakai emas no.1 lagi.
    5) Hari kelima bayar pake emas no.1
    6) Hari ke-enam bayar pake emas no.2.

    Selesai dech, mudah-mudahan bener hend :) ?
    (bagi yang minat ada lagi teka-teki baru di blog aku. bagi yang nggak minat, lam kenal aja kali :)

    ReplyDelete
  2. Memang.. Benar sekali yang dijawab matematika dasar. Tapi, ada solusi lain yang tidak dilakukan dengan menumpuk.

    Potonglah emas menjadi 3 bagian (ditebas 2 kali dengan biasa):
    1. emas 100 gram
    2. emas 200 gram
    3. emas 300 gram.

    Hari 1: bayar dengan emas 1
    Hari 2: bayar dengan emas 2, kembaliannya emas 1
    Hari 3: bayar dengan emas 1 (yang sudah dikembalikan)
    Hari 4: bayar dengan emas 3, kembaliannya emas 2.
    Hari 5: bayar dengan emas 2, kembaliannya emas 1
    Hari 6: bayar dengan emas 1..

    Hehe.. Tapi, jawaban "matematikadasar" juga bener koq.. ;D

    ReplyDelete
  3. waduh...telat nih..jadi keduluan deh...ehehehe..(padahal blm tentu langsung tau sih jawabnya)

    ReplyDelete
  4. ini sekarang disuru jawab atau disuru liat jawaban --"

    ReplyDelete
  5. @hendry_dext :
    Aku mikirnya kejauhan ya?. iya sih pas engeh waktu dah pulang ke rumah.

    aku menambahkan asumsi bahwa pedang bisa menebas sekaligus dua tumpuk, alasannya simpel:

    "dengan hotel dan receptionist aneh kayak gitu, jangankan hanya dua batang emas, meja resepsionis pun bisa ancur sekali tebas saking keselnya he..he"

    @digikid :maaf ya gak sengaja.

    ReplyDelete