What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Friday, January 2, 2009

Dilema yang Dihadapi Pabrik Coklat

Sebuah pabrik coklat merancang sebuah coklat baru untuk merayakan ulang tahun yang ke-100 pabrik tersebut. Kemasan itu dirancang dengan seksama untuk menampung tepat 48 coklat berbentuk bulat yang disusun dalam satu lapis dengan 6 baris yang masing-masing terdiri atas 8. (Lihat gambar).

Sayangnya, ketika semua persiapan telah selesai, coklat-coklat itu 4% lebih ringan daripada yang diiklankan. Untuk merancang kembali kemasan-kemasan itu sudah terlambat. Begitu pula, terlalu sulit untuk mengubah spesifikasi coklat-coklat itu. Namun untunglah masih ada sebuah cara yang dapat ditempuh oleh pabrik itu untuk memecahkan dilema yang mereka hadapi. Bagaimanakah caranya?

========================================================================

Ouch.. Ternyata, pabrik coklat itu berhasil menemukan solusinya... (Maklum, yang comment udah banyak... Nanti didemo deh ini blog gara2 pembacanya penasaran ama jawabannya)... Untuk sesuai dengan berat semula, maka harus ditambahkan 2 coklat, maka harus disusun seperti ini:

Kalau pembaca tidak percaya, silakan gunakan koin, atau gunakan perhitungan.. Hohoho.. XD

10 comments:

  1. kalo manipulasi temperatur, nanti coklatnya meleleh donk.. gak bulet lagi donk.. Trus, keluar biaya lagi... Hahaha

    ReplyDelete
  2. Gimana kalau bentuk coklatnya diubah jadi segi empat atau segi lainnya yang lebih menempati ruang daripada bentuk lingkaran ?

    ReplyDelete
  3. Untuk merancang kembali bentuk coklat-coklat itu sudah terlambat...

    ReplyDelete
  4. tambahkan coklat di sela2 antar lingkaran nya??

    ReplyDelete
  5. No no.. Kalau ditambahkan di sela-sela, coklatnya mesti dipecah-pecah donkx..

    ReplyDelete
  6. Tulis di labelnya 4% fat free....LOL

    ReplyDelete
  7. palingan tutup kemasan aja di modif lagi biar beratnya jadi pas.

    ReplyDelete
  8. kekurangan 4% dikemas dalam plastik dan dilekatin di kemasan coklat. tulisannya... plus free chocolate. (antisipasi siapa tau ada customer yang punya timbangan digital yang ketelitiannya sampai 4 digit)

    jawab dong hen, penasaran nih...

    ReplyDelete
  9. Hehe.. Udah aku jawab tuh di atas... Hahaha..
    Bu Lilia.. Bu lilia... XD

    ReplyDelete