What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Sunday, January 11, 2009

Iseng2 Tanya Tanggal Lahir

Kadang, temenmu rewel untuk tidak memberitahukan tanggal dan bulan kelahirannya.. Yah, mungkin karena alasan privasi dan sebagainya.. Hahaha. Di sini akan diberitahukan salah satu trik untuk mengetahui tanggal lahir temanmu dengan salah satu permainan teka-teki matematika yang *sangat* sederhana.. XDXD

Berikan instruksi-instruksi di bawah ini pada temanmu sebagai berikut.
1. "Pertama, pikirkan tanggal lahirmu."
2. "Kalikan dengan 5"
3. "Tambahkan dengan 6"
4. "Kalikan dengan 4"
5. "Tambahkan dengan 7"
6. " Kalikan dengan 5"
7. "Selanjutnya, tambahkan dengan bulan kelahiranmu"
8. "Sebutkan angka itu"
9. Kurangkan dengan 165 (Langkah ini hanya boleh kita yang tahu.)

Maka, kita dapat mengetahui tanggal dan bulan lahir temanmu. Sebagai contoh, tanggal lahir temanmu itu 29 dengan bulan 12. Maka, langkahnya seperti ini:
1. Tanggal lahir = 29
2. Kalikan 5: 29x5 = 145
3. Tambahkan 6: 145+6 = 151
4. Kalikan 4: 151x4 = 604
5. Tambahkan dengan 9: 604+9 = 613
6. Kalikan dengan 5: 613x5 = 3065
7. Tambahkan bulan kelahiran: 3065+12 = 3077.
8. Kurangkan dengan 165: 3077-165 = 2912 (Langkah ini hanya kita yang boleh tahu.. Kenapa? Supaya dia mau menyebutkannya.. XDXDXD)

2912 berarti tanggal 29 bulan 12... Mudah bukan??
Bagaimana ini bisa terjadi? Hal ini dapat dijawab dengan mudah, dengan memisalkan tanggal lahir dan bulan lahir sebagai variabel, misalnya x dan y.. Jika dijabarkan, maka akan menghasilkan 100x+y. Sebenarnya, ada contoh lain yang lebih rumit, dengan menggunakan pembagian, modulo, pangkat, akar, dan sebagainya. Teki-teki itu lebih rumit, sehingga tidak dulu dibahas di post ini..

So, temanmu yang sulit memberitahukan tanggal lahirnya tentunya akan ketahuan deh.. Hohohoho.. ^^.. (Btw, kalau untuk mengetahui sekaligus tanggal, bulan, dan tahun lahir, ada lagi cara lain.. Mungkin kamu berniat membuatnya sendiri dengan membentuk 10000x+100y+z dimana x,y, dan z merupakan tanggal, bulan, dan tahun lahir).. ^^

Thanks to Harry Teja, my classmate.. Why name of Harry is so much.. XDXD

2 comments:

  1. wah2...kalo emang ga mau tar tetep aja ga mau kasi tau. Apalagi diminta kali bagi tambah kurang. Wah..pasti lah dibilang repot ah.
    hehehehe...but nice inpo neh..

    ReplyDelete
  2. Wahh,,,aku udah pernah praktek ama orang yang pernah aku suka sekali, 'n untungnya berhasil ^^

    Jadinya ketahuan deh dia tahun berapa lahirnya, hohoho

    anyway, nice info hen, thanks ya ^^

    wah blognya makin rame aja ya ;)

    ReplyDelete