What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Saturday, September 27, 2008

Jujur atau bohong?

Alkisah di suatu kerajaan yang uaneh bin ajaib, tinggallah seorang raja yang aneh pula. Raja ini ingin memberi tantangan pada seseorang bernama Adhitya (maap bagi yang bernama Adhit, khususnya yang memakai nickname nirkabel).

Sang raja membawa Adhit untuk menemui 5 orang. Anggap saja orang itu adalah A,B,C,D, dan E. Raja memberitahukan bahwa dari kelima orang itu hanya ada 2 orang yang jujur. Tiga orang lainnya akan selalu berbohong (mengatakan berlawanan). Adhit harus bisa menebak mana yang jujur dan mana yang bohong. Syaratnya, dia hanya boleh menanyakan 3 pertanyaan ke 3 orang saja.

Maka, Adhit bertanya ke A.
Adhit : Kamu itu orang jujur atau bohong?
A___: @$#&!%#)()^@$%%&^#%$%^$!
Alangkah kagetnya, ternyata si A menjawab dalam bahasa Inggris. Maklum lah, Adhit kan orang Cilacap. Makanya, dia ndak bisa bahasa Inggris.

Si Adhit ini tidak pantang menyerah. Maka dia pun bertanya ke B:
Adhit: Apa maksud dari perkataan A tadi.?
B___: Dia bilang dia tidak berbohong.

Wew. Si Adhit tambah puyenk, maka dia pun bertanya ke C:
Adhit: Si B berbohong ya?
C___: Tidak

Maka, 3 pertanyaan pun sudah dilontarkan.
Saatnya, si Adhit menjawab pertanyaan raja. Jika Adhit tak berhasil menjawab, maka nyawa yang menjadi taruhannya.

Raja: Mana dari antara kelima orang itu yang termasuk orang bohong??
Maka, apa yang seharusnya dijawab Adhit?

13 comments:

  1. jawabannya ya si A , B, dan C

    ReplyDelete
  2. Tidak disertakan alasan berarti salah. =P

    ReplyDelete
  3. Hmmmmmmmmmmm..........

    Misalkan A=B=C=D=E, maka jawabannya A,B, dan C.....

    lalalalala

    ReplyDelete
  4. gw tau siapa yang berbohong ??

    Maka, Adhit bertanya ke A.
    Adhit : Kamu itu orang jujur atau bohong?
    A___: @$#&!%#)()^@$%%&^#%$%^$!
    Alangkah kagetnya, ternyata si A menjawab dalam bahasa Inggris. Maklum lah, Adhit kan orang Cilacap. Makanya, dia ndak bisa bahasa Inggris.

    @$#&!%#)()^@$%%&^#%$%^$! <- jelas2 ini bukan bahasa Inggris.. lol :D

    yang boong itu Hendry_Dext, masa bahasa dewa dibilang bahasa inggris.. walaupun bhs inggris gw cupu, tp msh bisa bedakanlah mana yang bhs inggris, mana yg bhs dewa.. lol :D

    jangan diambil dihati yach.. just kidding..

    ReplyDelete
  5. (asal jawab : on )
    ABC yang berbohong.. krn yang diucapin A bukan bhs inggris.. B&C sendiri jg ga ngerti( asal jawab : off )

    ReplyDelete
  6. adhit alias nirkabelSeptember 30, 2008 at 6:45 PM

    wah mesti turun tangan nih jadi sebenarny cerita hendry itu cuman gossip saya ga ada hubungan ama si A,B,C,D dan E! boong itu boong itu!
    wakakakak

    ReplyDelete
  7. Wew.... Parah...
    @$#&!%#)()^@$%%&^#%$%^$! itu tidak diekspos karena bahasa itu tuh sebetulnya memank bahasa inggris.. Githuu loh.. Hohoho.. Tapi, kan karena si Adhit alias nirkabel itu wong ndeso, jadinya dy ndak begitu ngerti.. Githuuu.. Wkwkwk..

    Eh, ada si Adhit... Maap ya, digosipin.. Makin digosok makin siip... Kapan2 gw pake nama yauhui ahhh...

    ReplyDelete
  8. Hum... Apa yah, A B ama C dehwkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Duh.. Jawaban tanpa alasan tidak diberi nilai...!!!

    Ayo,,, alasannya mana...????

    ReplyDelete
  10. hmmh...

    A = bohong
    b = jujur
    c = jujur
    berarti D & E = bohong

    alasan : orang boong itu selalu mengaku dirinya jujur.. dunia ini, mana ada orang yg tidak pernah berboong..

    ReplyDelete
  11. @atas: CORRECT.

    Aku jelasin lagi deh alasannya.
    Sebetulnya, si A pasti akan menjawab kalau dia tidak berbohong. Oleh karena itu, si B itu pasti jujur, karena pernyataan itu benar. Dan, si C juga jujur karena pernyataan B itu benar. Lalu, dengan adanya 2 orang jujur, maka sisanya berbohong.

    Q.E.D.

    ReplyDelete
  12. menurut saya sih clue yg ada gak cukup untuk memberikan pemecahan tunggal,bisa saja si B yang berbohong mengatakan kalau A mengaku dirinya jujur padahal si A gak ngerti apa yang ditanyakan(kalau si A ngerti bahasa nya si Adit ngapain dy jawab pake bahasa Inggris)dan si C juga berbohong

    jadi kemungkinan jawabannya bisa lebih dari satu..bener gak?
    hehe

    ReplyDelete
  13. A B C bohong karena hanya ada 2 yang jujur.
    Alasannya jika jawaban A benar maka B dan C juga benar, maka ada 3 yang benar donk.

    ReplyDelete