What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Tuesday, February 10, 2009

Berapa Kupon Undian itu Harus Dicetak??

Untuk menarik pelanggan, suatu restoran penjual makanan cepat saji memberikan kupon berhadiah pada setiap orang yang membeli makanan di restoran dengan nilai lebih dari Rp25.000,00. Di balik setiap kupon, tertera salah satu dari bilangan: 9, 12, 42, 57, 69, 21, 15, 75, 24, dan 81.

Pembeli yang berhasil mengumpulkan kupon dengan jumlah bilangan di balik kupon terseebut sebesar 100 akan diberi hadiah berupa TV21".

Pertanyaannya: Kalau pemilik restoran menyediakan 10 buah TV21", berapa banyak kupon yang harus dicetak? Jelaskan alasanmu!

4 comments:

  1. arthmtic priority ya! antuk ngjain tgs bsk ja ya!

    ReplyDelete
  2. Aku baru pertama kali denger istilah arthmtic priority... Apaan tu.. @_@

    ReplyDelete
  3. cetak aja sebanyak-banyaknya nama juga promosi, lagi pula nggak ada kok yang dapat tu TV, jumlahnya kalau tak kurang dari seratus ya lebih dari seratus.

    yang punya restoran curang, nggak mau rugi.

    ReplyDelete
  4. Jawaban di atas tepat.
    Semua kupon angkanya habis dibagi 3.. Namun, 100 itu tidak habis dibagi 3. Jadi, secara logika sederhana, tidak mungkin membentuk kupon-kupon itu menjadi 100.

    Jawaban yang tepat sebetulnya bukan "sebanyak-banyaknya", namun kupon tersebut tidak boleh dicetak sama sekali. Restoran itu harus merevisi sistemnya, supaya tidak dianggap sebagai penipu.. ^^

    ReplyDelete