What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Monday, December 1, 2008

Mau Beli Air 2 Liter Ajah.. ^^

Mami Lilis adalah tukang jual air. Diketahui bahwa dia punya bak air yang terisi dengan air yang sangat banyak (hingga lebih dari 100 liter). Suatu hari, datang seorang pembeli yang ingin membeli air sebanyak 2 liter. Namun sayangnya, Mami Lilis hanya mempunyai 2 buah gayung yang volumenya masing-masing 4 liter dan 7 liter. Bagaimana cara Mami Lilis mengambil air sebanyak 2 liter itu tanpa menggunakan alat bantu yang lain?


Another classic riddle.. ^^

14 comments:

  1. gini bisa gak ya?
    gayung 7 liter = A
    gayung 3 liter = B
    pertama isi penuh gayung A liter trus tuangin ke B sampai B penuh,kemudian kosongkan gayung B (tuang balik ke drum),sisa 3 liter dari A itu dituang ke B (buat liat kira2 tinggi air nya berapa)udah gt balikin lagi ke A,pake B ambil air sebanyak kira2 tadi,trus tuang ke A (berarti 3 + 3 = 6),udah itu dari A tuang ke B sampai penuh,nah sisa di A itu lah 2 liter,hehe..bisa gak??

    ReplyDelete
  2. Hehe... Kayaknya gak bisa kira-kira deh.. Hohhoho... :>

    Tapi, logikanya udah bener loh..

    ReplyDelete
  3. aku tauuuuuuuuuuuuuu!!!!!!!!!!!!~~~~~~~~~~~~~~

    soalnya udah pernah dikasih kan ^_^

    lalalalalala~~~~~~~~~~~~~~~

    ReplyDelete
  4. Aku coba ya..
    Misalkan :
    Gayung 4 liter = x
    Gayunga 7 liter = y

    1. Penuhi x, lalu tuang seluruhnya ke y. Jadi y=4.
    2. penuhi lagi x. Tuang ke y sampai y penuh. Jadi, sekarang x=1 dan y=7.
    3. Kosongkan y.Tuang air di x ke y. Jadi, sekarang x=0 dan y=1.
    4. Penuhi x, dan tuang seluruhnya ke y. Sekarang, x=0 dan y=5.
    5. Penuhi x, dan tuang ke y sampai y penuh. Jadi, sekarang x=2 dan y=7.

    Em, kalau jalan yang lebih pendek dari itu, aku gak tau.. ^^

    Betul gak yah??

    ReplyDelete
  5. wah...wa baru kepikiran jawabannya tadi,eh dah ada yg jawab duluan..hehe

    ReplyDelete
  6. Yuppp. betul sekalii...

    Cara yang lain juga ada: dimulai dengan memenuhi gayung yang volumenya 7 liter, baru dituang ke 4 liter.. ^^

    Next Question:

    Bagaimana jika ingin mengambil air 2,5 Liter jika yang tersedia hanyalah 3 buah tabung yang masing-masing volumenya 4Liter, 5 Liter, dan 9 Liter?

    ReplyDelete
  7. Ya hen, andaikan 1=2=3=4=5=6=7=8=9=0......

    @_@

    nyerah d ^^

    ReplyDelete
  8. Masak gak bisa? Itu GuAmPaAaAaAnGG BangeTT lowH..

    ReplyDelete
  9. kuk susah"..........biLang ae ma yang bli... buGh... bsUg alox mau bLi aer lagii.... bawa takeran ndiri ajja yw . :))

    ReplyDelete
  10. @hendry_dext itu susah bagi anak kecil kayak aku baru kelas 5

    ReplyDelete
  11. gampang banget belah aja gayungnya :P

    ReplyDelete
  12. A=7
    B=4
    1. Tuang air ke a pake b (a=4. B=0)
    2. Tuang lagi ke a sampe pas penuh pake b (a=7. B=1)
    3. Tuang b ke tempat pembeli
    4. Ulangi sekali lagi

    Gitu mas?

    ReplyDelete
  13. Yg satu lagi

    A=4 b=5 c=9

    Tuangin a ke c ( abc=004)
    Penuhin a dan b (454)
    Tuang a dan b ke c bersamaan sampe punuh (1,5. 2,5. 9)
    Tuh 2,5 liter di b

    Jadi gabelajar ane ada soal beginian-_-

    ReplyDelete