What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Tuesday, December 9, 2008

"Di Manakah Aku?"

Suatu ketika, ada orang yang bernama Budi.. Dia dikejar oleh seekor beruang... Mulanya, dia lari 40 km ke utara. Lalu, 30 km ke timur. Kemudian, 40 km ke selatan. Tapi, ternyata, dia kembali ke tempatnya semula.!!!

Pertanyaannya: Di manakah Budi? Dan, apa warna beruang itu? ;P
Note: Post sudah diupdate dengan jawaban..

=========================================================================
Di sini ada 2 jawaban (bahkan bisa lebih)..! Jangan shock dulu.. Hehe.. Jawaban Filipus D adalah benar!! Tapi, jawaban Sisca juga tidak salah.. OMG.. Mari kita lihat mengapa hal ini bisa terjadi..

Jawaban 1:

Penjelasan: Yupp!! Si Budi berada tepat di kutub selatan. Lintasannya seperti pada gambar di atas.

Jawaban 2:

Penjelasan: Si Budi berada di 44,7746 km dari kutub utara. Mulanya dia di titik A. Lalu, dia ke utara (ke titik C). Setelah itu dia akan berlari ke timur yang lintasannya ternyata melingkar dan akhirnya kembali ke titik C. Akhirnya, dia ke selatan yang membuat dia kembali ke titik A.

Jawaban Alternatif:
Seperti jawaban nomor 2, namun budi tidak berlari mengelilingi kutub utara 1 kali, namun bisa saja 2 kali, 3 kali, dan seterusnya.. Ini terjadi pada jarak: 42,387324 km dari kutub utara, 41,193662 km dari kutub utara, 40,59683 km dari kutub utara, dan seterusnya.. Wow.. Ternyata jawabannya banyak.. ^^

(Note: arah barat dan timur sesungguhnya tidak menjadi masalah.. Ini hanya mempengaruhi arah putaran saja...)
=========================================================================
Done..
Thx for answering.. ^^

12 comments:

  1. Kayaknya, Budi di Kutub Utara n Warna beruangnya putih dhe..
    Betul gak ? :D

    ReplyDelete
  2. Hmmm. Warna beruangnya sudah betul, tapi, tempatnya kurangdijelaskan secara mendetaill. wkwkwk

    ReplyDelete
  3. gk ngerti... gimana si bisa tau? @_@

    ReplyDelete
  4. Budi is in the south pole chased by a polar bear, which is white in color.

    ReplyDelete
  5. Kykny di kutub utara ga bisa lari2 deh :P

    ReplyDelete
  6. waduh...ini nih materi tentang apaan ya?n kapan dipelajari nya?koq bisa dapat jawaban kayak gitu?napa musti dikutub utara n selatan?mas hendry bisa tolong jelaskan dengan kalimat yg bisa dimengerti orang awam yg gak ada latar belakang matematika gak?soalnya saya gak ngerti nih jawabannya..terimakasih

    ReplyDelete
  7. Hehe.. Ini bukan matematika koq.. Cuma teka-teki biasa.. Untuk lebih jelasnya, coba lihat globe (bola dunia tiruan).. Dari kutub selatan, bergeraklah ke utara lalu ke timur, lalu ke selatan.. Maka, akan kembali ke tempat semula khan?? Ini terjadi karena bumi itu bulat.. Arah selatan itu hanya berupa 1 titik di kutub selatan.. Begitu juga dengan kutub utara..

    Duh, maap yah, penjelasanku kurang dimengerti :'(

    ReplyDelete
  8. oh gitu...ada gambaran dikit dah...tapi tetap aja gak ngudeng koq bisa dapat angka yg sekian koma sekian itu lho...tapi terimakasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
  9. angka 44,7746 itu didapat dari 40+r.
    r adalah jari-jari lingkaran dengan keliling 30km.. Githu.. ^^

    ReplyDelete
  10. duh ini ma teka teki anak kecil hen ada yg lebih susah??

    taren

    ReplyDelete