Saturday, December 6, 2008

Logic Riddle.. (Easy)

Ada 5 pria, yaitu A, B, C, D, dan E. Masing-masing memiliki tanda dot (lingkaran) di bagian depan kepala mereka.. Masing-masing dari mereka dapat melihat tanda dot di kepala yang lain, tapi tidak bisa melihat tanda di kepalanya sendiri. Diketahui bahwa apabila orang yang memiliki tanda dot itu berwarna putih, maka dia adalah orang jujur, sebaliknya, jika hitam, maka dia adalah orang yang selalu berbohong (mengatakan hal yang selalu SALAH).

Maka, berikut pernyataan dari A, B, C, dan E.
A : “Aku melihat 3 putih dan satu hitam.”
B : “Aku melihat 4 hitam.”
C : “Aku melihat 3 hitam dan 1 putih.”
E : “Aku melihat 4 putih.”

Maka, warna apakah yang dimiliki oleh masing-masing pria itu (A, B, C, D, dan E)??

3 comments:

  1. Kalau b sendiri yg jujur?

    ReplyDelete
  2. Jawabannya C dan D jujur, sedangkan A, B, dan E pembohong.

    Kalo A jujur: -> ada 3 orang lain yang jujur dan 1 orang pembohong.
    Pastinya 3 orang jujur yang lain harus berkata: "aku melihat 3 orang jujur dan satu pembohong".
    Kenyataannya tidak. Jadi A pasti pembohong.

    Kalo B jujur: -> ada 4 orang lain yang pembohong.
    maka jangan sampai ada pembohong2 tersebut yang berkata "aku melihat 3 pembohong dan 1 orang jujur" karena justru ini membuatnya jadi orang jujur.
    Kenyataannya malah ada yang berkata seperti itu. Jadi B pasti pembohong.

    Kalo C jujur: -> ada satu orang lain yang jujur dan 3 sisanya pembohong.
    Maka satu orang jujur itu harus berkata seperti C juga "aku melihat 3 pembohong dan satu orang jujur". Sedangkan pembohong terserah mau ngomong apa selain "aku melihat dua orang jujur dan dua orang pembohong" karena itu malah menjadikannya berkata jujur.
    Kondisi ini tidak kontradiksi. Jadi C mungkin orang jujur bersama D (walaupun D tidak dibahas bicara apa, tapi disitu teka-tekinya).

    Jika E jujur: -> 4 orang lain juga jujur semua.
    Seharusnya 4 orang lain mengucapkan hal yang sama seperti E.
    Karena pada kenyataannya tidak demikian, maka E pasti pembohong.

    ReplyDelete