What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Thursday, June 11, 2009

Rantai Kalung

Seorang pembuat perhiasan menerima pesanan cepat untuk membuatkan sebuah rantai dengan 25 anak rantai untuk seorang istri pengusaha. Ia memiliki seorang pembantu ahli dan lima pekerja magang. Kemudian, ia membagi tugas dan setiap orang kebagian membuat sebagian dari rantai tersebut. Anak rantai-anak rantai itu begitu besarnya sehingga ia merasa lega ketika sebelum pukul lima sore ke-25 anak rantai itu sudah siap. Tetapi, baru sekarang ia sadar betapa tidak efisiennya mereka, sebab yang ada padanya sekarang adalah tujuh potongan rantai: dua dengan 2 anak rantai, dua dengan 3 anak rantai, dan masing-masing 1 dengan 4, 5, dan 6 anak rantai.

Untuk menggabungkan potongan-potongan itu menjadi satu rantai dengan 25 anak rantai, ia harus memotong dan menyambung kembali sebagian anak rantai. Ia memperhitungkan bahwa untuk memotong dan menyambung kembali sebuah anak rantai diperlukan waktu 20 menit dan ia memutuskan untuk menyelesaikan sendiri pekerjaan itu.

Berapa waktu tersingkat yang ia perlukan sebelum ia dapat pulang ke rumah?

========================================================================
Jawab:
Cukup memotong dan menyambung 4 anak rantai pada dua potongan rantai yang masing-masing memiliki 2 anak rantai. 4 anak rantai inilah yang digunakan untuk menyambung kelima potongan rantai yang lain.

Jadi, waktu yang dia butuhkan cukup 80 menit.

1 comment: