What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Sunday, July 12, 2009

Citadel

Awal Juli yang lalu, aku n anak paw07, jalan2 ke puncak.. Menikmati hari-hari tanpa ujian. Menghilangkan stress yang timbul gara-gara ujian. Di puncak tuh wa makan, tidur, dan main. Diiterasi 10 kali... Oit.. Bukan itu yang akan dibahas di sini sekarang. Kita akan membahas CITADEL!!!!!

Jreng-jreng... Apa itu citadel?
Citadel adalah suatu boardgame. Tentunya, boardgame yang lain yang kita kenal misalnya monopoli, ludo, etc. Nah, di puncak tuh, ada orang yang maniak maen ginian, yaitu si Tedjo.. Eh, salah. Harry Tedja. Hwhw. Dia mpe beli beginian. Yang original harganya sekitar 270rb. Plus, tiap kartunya dibungkus. (Dasar, maniak.. Hahaha.).

Trus, cara mainnya gmana sich? Lihat lanjutannya di bawah. ^^
=========================================================================
HOW TO PLAY CITADEL??
Permainan ini terdiri dari:
1. kartu karakter (ada 8)
2. kartu district (ada 5 warna: merah, kuning, hijau, biru, dan ungu)
3. koin (gold) untuk uang.
4. crown (mahkota)

Game ini biasanya dimainkan oleh 6 orang. Ceritanya, di game ini, masing-masing orang berperan sebagai kerajaan. Masing-masing kerajaan (pemain) berusaha mengumpulkan point tertinggi untuk memenangkan game. Point diperoleh tergantung dari bangunan (district) yang berhasil dibangun. (di setiap kartu district dapat dilihat point-pointnya). Nah, jika ada pemain yang berhasil membangun 8 bangunan terlebih dahulu, maka game berakhir dan point akan dihitung. Pemain yang terlebih dahulu membangun 8 bangunan juga mendapat tambahan 4 point. Lalu, jika ada pemain yang membangun bangunan dengan 5 warna, maka dia akan mendapat tambahan 3 point.

Di awal permainan, tiap pemain diberi modal 4 kartu district yang belum dibangun (dipegang di tangan) dan 2 gold. Permainan ini menggunakan istilah "putaran" yang menentukan jalannya permainan. Di setiap putaran, pemain akan memilih satu kartu karakter yang dia inginkan, tapi kartu ini disembunyikan dari pemain lain. Jadi, pemain lain tidak tahu. Kartu karakter ini mempunyai kemampuan tersendiri, sekaligus menentukan urutan jalan di putaran tersebut. Apa saja kartu itu?
1. Assassin: Membunuh karakter lain. Karakter yang dibunuh, kehilangan giliran di putaran itu.
2. Thief: Mencuri uang dari karakter lain. Kalau sukses, semua uang karakter lain dapat diambil.
3. Magician: Menukar kartu dengan deck, atau menukar semua kartu dengan player lain.
4. King: +1 gold untuk setiap yellow district, dan mendapatkan crown.
5. Bishop: +1 gold untuk setiap blue district, dan bangunan tidak bisa dihancurkan warlord.
6. Merchant: +1 gold untuk setiap green district, dan +1 gold.
7. Architect: + 2 district card dan bisa membangun hingga 3 bangunan di putaran itu.
8. Warlord: +1 gold untuk setiap red district, dan bisa menghancurkan gedung.

Nah, karakter-karakter itulah yang akan dipilih setiap putaran. Pemain yang memilih pertama kali adalah pemain yang mendapatkan crown. Karena ada 8 kartu dan hanya ada 6 pemain, maka pemain yang memilih pertama harus mengeliminasi 1 kartu secara random, baru dia mengambil 1 kartu. Pemain yang memilih terakhir akan memilih satu dari 2 kartu yang ada. 8 kartu itu akan terus digunakan selama permainan. Ketika putaran sudah selesai, kartu kembali dikumpulkan dan diberikan ke pemilik crown (untuk dipilih ulang)..

Di setiap putaran, pemain bisa melakukan:
1. Menggunakan kemampuan karakternya.
2. Memilih mendapatkan 2 gold ATAU memilih 1 dari 2 kartu yang diambil dari deck
3. Membangun 1 bangunan dari kartu district yang dipegang, dengan membayar sejumlah gold.

Kartu district yang ungu selalu mempunyai kemampuan spesial. Panjang banget kalo diterangin satu-satu di sini.. Dan, sesungguhnya, citadel memiliki banyak karakter yang lain, yang lebih brutal dan kejam, seperti alchemist, witch, queen, etc..

Nah, penjelasannya di sini dulu aja yaaa.. Daripada kepanjangan, nanti bikin bosenn.
Review game bisa dilihat di SINI. Kalian juga bisa memainkan game ini secara online, baik multiplayer maupun solo..


Udah akhh. Bosen nieh aku, maen ginian menang mlulu.. Apa akunya yang terlalu jago atau musuhnya terlalu cupu.. Binun akuw.. Hwhw.. Selamat bermain.. ^^

1 comment: