What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Saturday, March 28, 2009

About Me... (vi) {Taruhan Aslab}

Lagi-lagi masalah kehidupankuw yang penuh dengan naik dan turun.. ~_~;; seperti roda becak.. Ini mengenai aslab. Btw, tau aslab gakk? Itu lowh.. Mahasiswa yang kerja di laboratorium yang kerjanya ngajar, meriksa, bikin soal, etc. Tentunya, aslab tuh lumayan sibuk, karena wajb standby setiap hari dan bekerja fulltime (40 jam seminggu)..

N, btw, kenapa gw ngomongnya tuh "aslab" bukan "asslab"?? Itu karena nanti ada orang yang mikirnya aneh-aneh, seperti temenkuw yang namanya "D*rwin".. Swt.. =.=".

This story began at 23rd March 2009....
=========================================================================
Where's My Name??

Pagi yang cerah.. Hari ini hari Minggu, 23 Maret 2009.. Tapi, dengan berat hati, aku terpaksa meninggalkan kehidupankuw di depan televisi (Waktu itu aku lagi nonton Casper.. :P).. Why should I leave? Karena hari ini tuh aku mesti ke kampus.. Why? Karena hari ini ada tes awal penerimaan aslab. So, 8 o'clock, aku udah berangkat naek sepeda yang ada mesinnya.. Sengaja dateng lebih awal...

Akhirnya sampai juga di kampus... Datengnya barengan sama Hendrik, yang temenkuw yang ikutan mo jadi aslab juga.. N, anak angkatan bawah jur TI-Mat juga banyak yang ikut, seperti Irene, Lea, Sufon, Hans, Denny, etc, dll..

Ak melihat kertas di papan pengumuman.. Di sana tertulis para pendaftar aslab beserta nomor kelas dan tempat duduk... But...?!???..... (Hening sejenak) Ak ngecek dari 6 lembar kertas di sana, tapi aku ak menemukan namaku... ~_~.. Padahal udah daftar.. Mulanya, aku berniat masuk ke dalam lab center, trus ngomong sambil terisak-isak dan bersujud, "Huhuhu... Ak benar-benar sudah daftar.. Ak pengen banget jadi aslab.. Tapi, namaku gak ada di situ... Yang ada tuh namanya Hendry, tapi NIM-nya beda... Huhuhu.. Plis.. Tolong dicek lagi... Huhuhu"... Namun, setelah kucek lagi, ternyata namaku ADA, tapi benar2 nyempil.... Hanya aku orang satu-satunya yang berada di antara peserta angkatan bawah.. Omigi... Hampir saja, aku bertindak memalukan..

But, namaku benar2 ADA... ^^ (happy)

=========================================================================
THE TESTS

Langsung saja ke bagian test

Aptitude test adalah tes pertama yang kujalani.. Waktu 120 menit, dan tes ini mirip seperti tes IQ.. Anggap saja tes ini dapat kujalani dengan baik, walaupun agak terburu-buru...

Test berikut adalah tes programming.. Dibagi menjadi 3 babak:
1. Tes 20 menit
2. Tes 40 menit
3. Tes 60 menit..

Kita lirik tes yang pertama.. Tes ini sangat mudah.. Hanya membuat program untuk mencetak segitiga, jajargenjang, dan belah ketupat.. But, parahnya, aku gak selese... Bahkan hanya sempat membuat menu dan validasi...

Tes kedua, tes 40 menit, yaitu tes membuat game HANGMAN.. Ak yakin, waktu yang diberikan gak akan cukup.. Aku udah berusaha semampuku, but.... Aku salah save...!!! Aku save di folder C, bukan di folder K.!!!! Jadi, program yang kubuat pasti tidak terkumpul, dan pasti nilainya nol.

Sempat frustasi... Aku berusaha fokus di tes 60 menit.. Tapi, ternyata gak bisa... ~_~... Tes 60 menit di luar perkiraanku.. Itu tentang program interface messager.. Aku bahkan gak belajar sama sekali tentang syntaks untuk membaca file. Benar-benar aku sangat menyesal, karena tidak mempelajari syntaks fopen, etc.. Di tes ini, waktuku terbuang hanya untuk membaca help dan bengong.. Sementara peserta lain di depan belakang kiri dan kananku terus saja mengetik sedangkan aku hanya diam saja... Hampir saja, aku menulis pesan di comment programku yang isinya begini: "Tolonglah para aslab. Aku sangat ingin jadi aslab. Tolong loloskan aku di seleksi awal penerimaan ini... Ak belum belajar fopen.." But, niat itu kuurungkan... Huehue.. Malu-maluin deh...

Pulang dari kampus, aku langsung menangis... Ngak tw deh kenapa.. Cita-citaku menjadi aslab di semester depan rasanya sudah pupus gara-gara gagal di tes awal. Ak nyesel banget gak belajar... Seandainya aja gw belajar sebelumnya...
=========================================================================
TARUHAN ASLAB

Pengumuman aslab yang lolos ke tahap berikutnya akan diberitahukan tanggal 30 Maret 2009, hari Senin..

Aku sudah yakin kalau aku ngak lolos. Ini bukan karena aku pesimis. Ak juga gak boleh terlalu banyak berharap. Keyakinan kalau aku gak lolos juga dilandasi fakta kalau code aku tuh parah banget.. Aku pasti berada di urutan bawah dalam tes programming.. Sementara, yang lolos ke tahap berikutnya hanyalah 100 orang dari 212 orang yang mendaftar. Statistik gak mungkin bohong. Kemungkinan aku lolos ke tahap berikutnya hanyalah 1%, faktor hoki.

Anehnya, banyak temanku yang bilang kalau ak pasti lolos seleksi awal aslab.. Padahal aku udah bilang, kalau aku tuh gak yakin bisa lolos. Mereka bahkan berani bertaruh akan mentraktir aku makan.. Mereka adalah: Lilis, Aggi, Yandi, Rico, dan Willy.. So, aku ladeni saja... ^^.. Taruhannya begini: "Jika aku lolos seleksi awal aslab, aku akan mentraktir mereka di Hanamasa. Kalau aku gak lolos, aku bakal ditraktir di Chiz n Chics".. Cukup tidak adil memang. Tapi, memang begitulah statistik. Aku berani bertaruh untuk sesuatu hal yang benar-benar aku yakin aku akan menang....

Kita lihat saja tanggal 31 Maret.. Siapa yang akan memenangkan taruhan ini..!! ^^

=========================================================================
UPDATE 31st March 2009: THE RESULT

Hari yang sudah dapat kuramalkan ini pun datang juga.. Bahkan ramalanku lebih ampuh daripada Mama Lauren...

Jadi, diharapkan agar mereka yang sudah bertaruh agar mau menraktir ogud di Chiz and Chics, karena perut wa udah laper bangetttttzzzzz.... ^^;.. (Udah berbunyi terus nieh perutkuw karena cacingnya minta dikasih makan...)

Congratulation bagi mereka yang sudah lolos di seleksi awal penerimaan aslab, terutama paw2008, seperi Lea, Sufon, dan Hans.. (sisanya aku belom liad)... Tapi, aku berharap agar mereka mau bersungguh-sungguh menjalani tes-tes berikutnya.. Atau bahkan mau menjadi aslab selama 2 tahun, karena ada banyak sekali orang lain yang ingin menjadi aslab tapi belum kesampaian. Jadi, kesempatan ini janganlah disia-siakan. Apabila disia-siakan dengan berhenti di tengah-tengah, aku akan sangat kecewa. Seandainya saja aku bisa merebut kesempatan itu, ....

Dari semua hal ini, aku pun mendapat banyak pelajaran. Anggap saja aku sudah gagal di langkah awalku untuk menjadi aslab. Tapi, seperti pepatah yang sering diucapkan oleh Mario Teguh, etc: "Kegagalan adalah awal Keberhasilan". So, aku gak bisa berhenti di sini ajah. Aku masih ada semester depan. Dan saat itu, aku gak boleh menganggap remeh tes awal aslab seperti yang minggu lalu kulakukan.

.... Ketika aku sudah menjadi aslab dan ketika kulihat wajahku di depan cermin, mungkin aku akan melihat wajahku yang menua... Aku mulai bimbang.... Masih pantaskah aku menjadi aslab?

9 comments:

  1. say that u wished u'll lose :P

    ReplyDelete
  2. Everything happen for a reason. Make this a lesson.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Waw kalau makan makan sendiri sih... swt deh.

    tetep ganbatte neh ;)

    ReplyDelete
  5. aslab software?? wah junior saya dong. saya angkatan 02-1. hayo kenal tidak??

    ReplyDelete
  6. @_@... Aku kan gak lolos aslab.. Jadinya, aku bukan junior donk,kk..

    Lalala..
    Farida, yang mana ya? Ahahaha..

    ReplyDelete
  7. yang ngupil kemarin pas tes aslab

    ReplyDelete