What's the content of this blog

Composition: Mathematics, my favourite lesson 90%. Mathematics Software 3%, My Life and Experience 3%, and Others 4%..
-- Here we can share knowledge --
-- Enjoy --

Sunday, October 5, 2008

Math Software: Efofex Draw 3 Review

Bagaimana cara menggambar bangun-bangun matematika, seperti bangun datar dan bangun ruang dengan komputer?? Misalnya, menggambar segitiga dengan garis tinggi, lingkaran yang berpotongan tegak lurus dengan lingkaran lain dengan garis yang satu harus sejajar dengan garis yang lainnya... Bagaimana cara menggambar itu semua secara cepat dan akurat.?? Jawabannya, tentunya ada banyak macam.

1.
Buat gambar di kertas. Tinggal di-scan ke komputer. Lebih fleksibel, karena bisa lebih variatif. Namun, terkesan kurang modern. Gambar bisa sedikit buram juga. dan, harus punya scanner pula...

2.Memakai software komputer untuk menggambar bangun matematika. Di sini, software yang saya biasa gunakan adalah Efofex Draw versi 3 (versi agak lama)., meskipun memakai paint juga bisa. Hasil gambar dari Efofex Draw bisa dilihat di blog ini. Hampir semua gambar segitiga/persegi/lingkaran dibuat menggunakan software ini (meskipun, ada tambahan efek photoshop juga untuk mempercantik). Bagaimana hasilnya.? Lumayan bukan?

=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=
Review Efofex Draw 3
Berikut adalah review Efofex dari sudut pandang plus dan minus.

(+)Efofex Draw 3 adalah software kecil, hanya 16,2 MB. Penginstallannya pun mudah dan sangat cepat. (Note: kadang, software ini tidak ditemukan secara individu, tapi tergabung dalam kumpulan software matematika bernama "FX Math Pack".)

(-) Software ini TIDAK GRATIS...!!
Wew.. Versi trialnya hanya bisa dipakai selama 30 hari saja.

(+) Integrasi dengan word
Salah satu kelebihan efofex adalah software ini terintegrasi dengan Ms. Word. Jadi, setelah penginstallan selesai, maka akan muncul toolbar Efofex Draw secara otomatis di toolbar Ms. Word. Dengan adanya toolbar ini, gambar yang selesai kita buat akan ditampilkan di Ms. Word berupa objek.
Di sana ada 2 tombol, sebetulnya fungsi keduanya sama. Saya pun masih belum dapat membedakan keduanya. Jadi, pilih yang mana saja boleh.

Setelah salah satu tombol diklik, maka akan muncul jendela Efofex Draw sebagai berikut.
Silakan buat suatu objek. Setelah objek selesai dibuat dan kita ingin kembali ke word, maka tinggal klik tombol centang yang ada di bawah tombol "Help".
Setelah tombol centang diklik, maka viola!!! Objek yang kita buat tadi akan muncul di word. Kita dapat mengeditnya kembali suatu waktu jika diperlukan dengan double klik gambar tersebut... ^^

(+) Lebih Ampuh Daripada Paint (dalam hal matematika)
Layar Efofex mirip seperti jendela "Paint" dalam Windows. Tentu saja ini jelas karena Efofex itu memang khusus untuk matematika. Paint untuk keperluan yang lebih umum.
1. Di Efofex Draw, akan ada grid-grid (garis-garis bayangan), yang memudahkan kita menggambar dengan akurat.
2. Kita tidak bisa menghapus bagian dari objek. Misalnya kita sudah membuat sebuah lingkaran. Di efofex Draw, kita tidak bisa menghapusnya menjadi 1/3 atau 1/2 lingkaran. Jadi, kalau mau menghapus objek itu, seluruhnya harus dihapus. Tidak seperti Paint, Paint bahkan bisa membuat huruf 8 diubah menjadi 3 dengan menggunakan eraser. Kelihatannya, di sini efofex Draw terlihat sebagai kekurangan. Namun, ternyata ini juga merupakan kelebihan. Di efofex draw, kita akan bermain dengan banyak sekali objek. Jadi, jika kita ingin menghapus objek yang satu, hal itu tidak akan mencegah terhapusnya objek yang lain. Kalau kita ingin memakai paint, dengan eraser kita bisa menghapus semua objek yang terletak di belakangnya.
3. Lanjutan dari nomor 2. Di efofex Draw, kita akan bermain dengan banyak sekali objek seperti garis A, garis B, lingkaran, segitiga, dan sebagainya. Di sini kita bisa mengedit objek dengan gampang. Cukup mengklik objek yang ingin kita edit, lalu tinggal didrag and klik lagi. Sedangkan pada Paint, kita tak akan bisa mengedit suatu objek yang barusan dibuat karena sudah menyatu dengan picture.
4. Tool yang kelebihan "Paint": Select Area, eraser, pick color, dan air brush. Efofex tidak memiliki tool-tool itu. Sebagai gantinya, akan ada tool matematika lain seperti membuat equation, membuat arsiran, sudut, diagram, dan sebagainya.

(+) Lebih ampuh dengan adanya Tool dalam Tool.
Untuk menampilkan tool tersembunyi, coba kamu klik kiri dan tahan pada salah satu tombol yang ada di barisan kiri. Maka, akan ada tool lain yang muncul.. (Lihat gambar di atas). Artinya, ini memudahkan kita untuk membuat gambar sesuai keinginan kita.

(+) Memberikan informasi yang mendetail
Bagian yang kusuka dalam Efofex Draw ini adalah karena software ini memberikan informasi mendetail. Misalnya, saat kita ingin menarik suatu garis, maka kita akan diberi tahu pada titik mana garis tersebut akan tegak lurus terhadap garis yang lainnya, sejajar dengan garis yang lainnya, ataupun sama panjang dengan garis lainnya, dan sebagainya.
(+) Perubahan yang saling mempengaruhi.
Jika kita melakukan suatu perubahan pada suatu objek, kita dapat mengatur agar objek lainnya bisa ikut berubah. Artinya, sifatnya dinamic. Lihat contoh animasi di bawah:
(-) Untuk menghasilkan hasil yang optimal, kadang gambar buatan efofex draw ini harus diedit lagi menggunakan software lain seperti "Paint" dan "Photoshop".

(-) Efofex tidak menyediakan gambar 3 dimensi yang dapat dilihat dari segala arah. Untuk membuat gambar yang 3 dimensi, gunakan software lain seperti 3D max atau Maya. Pokoke Efofex itu hanya untuk gambar 2 dimensi saja.

=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=
Kesimpulan: Efofex Draw sangat direkomendasikan untuk menggambar bangun-bangun matematika dengan cepat dan akurat. (Silakan ke link ini, untuk mendownload 30 trial period of Efofex Draw 3.)

Ini hanya bagian review. Jika di bagian comment ada banyak permintaan (min 10) untuk membuat tutorial Efofex Draw 3, maka akan kuusahakan untuk membuatnya. ^^

3 comments:

  1. ass... lam kenal, sebagai tenaga pendidik selain otak dikuras untuk menyelesaikan rumus match, juga hrs membuat gambar aduhh puyeng. pas aku googling nemu nie tutor yg bagus banget. pas buat civitas match di indonesia mudah..an, oya tolong dung buatkan tutorial lengkapnya di web ini khusus untuk efofex draw ama graphnya ..... tulung banget makasih

    ReplyDelete
  2. minta cracknya buat Efofex draw 3 donk bro..thanks.. sekalian buatkan tutorial lengkapnya..thanks..

    ReplyDelete
  3. caranya biar gk trial gimana? hehe...

    ReplyDelete